Bahas Buruh Migran Maritim, Jejaring SP/SB Lakukan Audiensi ke Kemnaker


Kami jejaring ini, menginginkan untuk dilibatkan dalam pembahasan kebijakan sektor maritim, kami juga mendorong kolaborasi dan sinergitas antar kementerian yang terkait demi terwujudnya perlindungan tenaga kerja menuju kerja layak sektor maritim.

Baca juga:  KSBSI Gelar Workshop Tripartit Penyusunan Kertas Posisi Sektor Perikanan di Kota Bitung,

JAKARTA – Jejaring Serikat Pekerja Serikat Buruh (SP/SB) Sektor Maritim Indonesia kembali melakukan audiensi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) di Jakarta, Jum’at (29/12/2023).

Sulistri, selaku Sekretaris Jejaring sekaligus Sekretaris Jenderal FSB KAMIPARHO dalam kata pengantarnya berterima kasih kepada pihak Kemnaker atas waktu dan tempat yang sudah disediakan dalam audiensi ini. 

Jejaring dideklarasikan di Bandung pada 23 Juni 2023 oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI CAITU), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Konfederasi Seikat Buruh Muslimin Indonesia (KSARBUMUSI), Serikat Buruh Migrant Indonesia )SBMI), Serikat Pekerja Perikanan Indonesia (SPPI), Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN). 

“Mempunyai tujuan untuk memperjuangkan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja/buruh sector maritim yang bermartabat dan berkeadilan. Jejaring ini bersifat terbuka, bebas, setara dan inklusif.” kata Sulistri.

Sulistri menjelaskan bahwa jejaring ini sebelumnya juga sudah melakukan workshop dan diskusi-diskusi serta beraudiensi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam hal ini Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap – Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkap Ikan serta Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

“Kami jejaring ini, menginginkan untuk dilibatkan dalam pembahasan kebijakan sektor maritim, kami juga mendorong kolaborasi dan sinergitas antar kementerian yang terkait demi terwujudnya perlindungan tenaga kerja menuju kerja layak sektor maritim.” ungkap Sulistri.

Sementara itu, Rendra Setiawan selaku Direktur Bina Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Kemnaker menyambut baik dengan adanya jejaring serikat pekerja sektor maritim ini, Ia mengaku bahwa pihaknya senang dan berfikir positif menanggapi isu migran sektor maritim ini. 

“Senang dan berfikir positif tentunya. Kita akan libatkan jejaring maritim ini serta bersama sama para stakeholder berkolaborasi dan mencari solusi dari permasalahan ketenagakerjaan maritim.” tutupnya.

Hadir dalam audiensi tersebut, perwakilan dari KPI (Arifin Simbolon), KSPN (Sobar Dwiyani), FSB KAMIPARHO (Supardi dan Sulistri), SAKTI (SYOFYAN), KSARBUMUSI (Lili Nirwansa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *