Waspada Manipulasi Jabatan di Kapal China : Chief Engineer Indonesia Dipakai Sertifikatnya, Kerja Sebagai Oiler

Jakarta, Indonesia – Dunia ketenagakerjaan pelaut Indonesia kembali dihadapkan pada praktik yang meresahkan. Pengamat ketenagakerjaan awak kapal Indonesia baru-baru ini mengungkapkan adanya indikasi kuat praktik manipulasi jabatan di kapal-kapal yang dioperasikan oleh perusahaan asal China. Modusnya, perusahaan diduga merekrut tenaga ahli mesin (engineer) berkualifikasi tinggi dari Indonesia, bahkan dengan jabatan Chief Engineer (Kepala Kamar Mesin), namun dalam operasional sehari-hari di kapal, mereka ditempatkan sebagai Oiler (juru minyak) atau jabatan yang jauh di bawah kualifikasi dan tanggung jawab seorang Kepala Kamar Mesin.

Sumber yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa praktik ini diduga kuat dilakukan untuk mengakomodasi awak kapal berkewarganegaraan China yang dipercaya oleh perusahaan namun tidak memiliki Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian yang sesuai untuk menduduki posisi Chief Engineer. Perusahaan diduga memanfaatkan sertifikat Chief Engineer yang dimiliki oleh pelaut Indonesia hanya sebagai formalitas di atas kertas, sementara kendali operasional kamar mesin tetap dipegang oleh awak kapal China yang sebenarnya tidak memenuhi persyaratan jabatan tersebut.

“Ini adalah fenomena yang sangat mengkhawatirkan,” ujar pengamat ketenagakerjaan tersebut. “Kami menemukan indikasi perusahaan merekrut Chief Engineer dari Indonesia, dengan semua dokumen dan persyaratan yang terpenuhi, namun kenyataannya di kapal mereka bekerja layaknya seorang Oiler. Ini jelas sebuah pembohongan dan penyalahgunaan wewenang serta potensi pelanggaran hukum.”

Praktik ini dinilai sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan dampak negatif yang signifikan, terutama terkait keselamatan pelayaran dan tanggung jawab hukum. Jika terjadi insiden atau kecelakaan di kapal, pihak otoritas pelabuhan (Port Authority) akan merujuk pada daftar awak kapal resmi, di mana nama Chief Engineer berkewarganegaraan Indonesia akan tercatat sebagai pihak yang bertanggung jawab atas operasional kamar mesin. Padahal, kenyataannya, yang bersangkutan tidak memiliki kendali penuh dan tanggung jawab yang semestinya atas posisi tersebut.

“Bayangkan jika terjadi masalah teknis serius di kamar mesin atau bahkan kecelakaan. Secara hukum, Chief Engineer Indonesia yang akan dimintai pertanggungjawaban. Padahal, mereka mungkin tidak memiliki otoritas penuh dalam pengambilan keputusan sehari-hari,” lanjut sumber tersebut. “Ini bukan hanya merugikan pelaut Indonesia secara profesional dan martabat, tetapi juga sangat berbahaya bagi keselamatan kapal dan lingkungan.”

Lebih lanjut, praktik ini juga dinilai sebagai bentuk ketidakadilan dan diskriminasi terhadap tenaga kerja Indonesia. Pelaut Indonesia yang memiliki kualifikasi tinggi tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja sesuai dengan keahlian dan jenjang karir yang seharusnya mereka capai.

Hal ini jelas merupakan bentuk manipulasi struktural yang berbahaya. Perusahaan sengaja memanfaatkan legalitas dokumen Indonesia agar kapal dapat lolos pemeriksaan otoritas pelabuhan (Port State Control), namun dalam praktik operasional, fungsi dan tanggung jawab teknis kapal dipegang oleh individu yang tidak memiliki sertifikat dan kompetensi yang sah.

Fenomena ini menimbulkan beberapa masalah serius:

  1. Resiko Keselamatan Kapal dan Awak: Pengoperasian sistem mesin oleh individu yang tidak memiliki COC sesuai tingkat tanggung jawabnya berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja, kerusakan mesin, hingga insiden maritim yang lebih besar.
  2. Potensi Tindak Pidana: Jika terjadi kecelakaan atau insiden serius di laut, maka Chief Engineer asal Indonesia yang terdaftar secara legal di dokumen akan menjadi pihak yang dituntut pertanggungjawabannya secara hukum, meskipun secara teknis tidak menjalankan fungsi tersebut.
  3. Eksploitasi Terhadap Awak Kapal Indonesia: Chief Engineer Indonesia dalam kasus ini mengalami downgrade secara fungsi dan gaji, namun tetap memikul beban hukum yang berat. Ini adalah bentuk eksploitasi profesional yang tidak dapat ditoleransi.

Fenomena ini tidak hanya mencoreng profesionalisme pelaut Indonesia, tetapi juga menimbulkan risiko besar dalam aspek keselamatan dan hukum maritim internasional.

46 thoughts on “Waspada Manipulasi Jabatan di Kapal China : Chief Engineer Indonesia Dipakai Sertifikatnya, Kerja Sebagai Oiler

  1. adakah nomor whatsapp yang bisa di hubungi, saya ingin melaporkan kejadian yang saya rasa dan teman teman merupakan ketidakadilan 🙏🏼

  2. Benar sekali, sangat diakriminatif, tapi terkadang kondisi tertentu yang membuat pelaut indonesia mau di diskriminasi seperti ini, misal mereka tidak punya pengalaman sebagai CE dikapal sebelumnya tetapi memiliki Ijasah CE, mereka ingin mencari pengalaman di buku pelaut sebagai CE dikapal berbendera luar, minsal panama,liberia atau majuro, untuk persiapan kapal selanjutnya sebagai real CE di perusahaan asing.
    Selain itu agen2 nakal di indonesia yang hanya memikirkan fee dari perusahaan cina juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari pelaut2 non pengalaman kapal luar otomatis mereka tergiur.
    Kembali ke akar permasalahanya adalah terkadang harus dikembalikan pada diri kita sendiri apakah mau menerima job itu atau tidak. Bagi yang tidak punya pemgalaman kapal luar mereka akan menerimanya walaupun resiko besar, bagi yang berpengalaman tentu mereka menolak bahkan melihat job nya pun hanya dinerikan senyuman sinis. Semoga dengan adanya artikel ini pelaut indonesia sadar akan bahaya nya jabatan CE as oiler, dan meng upgrade diri terutama skill bahasa inggris karena bahasa inggris adalah kunci pelaut internasional.
    Banyak Agen2 resmi yang memberikan job kapal luar dengan bantuan pengalaman bisa pakai kapal lokal asal bahasa bunyi walaupun gaji stamdar cina tapi itu lebih baik dan bisa untuk bekal kedepanya nanti. Karena saya awal merintis juga di kapal taiwan gaji kecil tetapi sesuai jobdesk jabatan saya, dan setelah itu baru kita berpindah ke perusahaan yang lebih baik.

  3. Makanya klo ada vacancy liat gaji CE 3200 atau di bawah standar ya jgn di ambil pasti itu company cina,siapa yg bikin ancur begini,ya dari pelaut kitanya juga terima2 aja dan manut2 aja sama org cina
    Seandainya butuh duit utk kebutuhan krn sulit cari kerjaan ya gpp,saya pribadi gak munafik klo bener2 batas waktu saya,saya blm onboard ya saya join di company china,klo saya di suruh2 ini itu klo bukan kerjaan dan tanggung jawab saya,saya gak bakal lakuin,cuekin aja.
    Jgn takut di pulangin,mereka gak bakal pulangin kita.

  4. دفتر گزارش‌های آماری سامانه سیدا ویژه مدارس، به عنوان یک منبع اطلاعاتی جامع شامل داده‌های کلیدی دانش‌آموزان از جمله مشخصات فردی، آدرس دقیق و پایه تحصیلی آنان، در دسترس مدیران مدارس از طریق سامانه مای مدیو قرار دارد.

  5. I’ll right away grab your rss as I can not find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Please let me know in order that I could subscribe. Thanks.

  6. Hi there! I’m at work browsing your blog from my new iphone 3gs! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Carry on the excellent work!

  7. Whats Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has aided me out loads. I’m hoping to give a contribution & aid different users like its aided me. Great job.

  8. I was wondering if you ever thought of changing the structure of your blog? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or two images. Maybe you could space it out better?

  9. Do you have a spam issue on this blog; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation; we have developed some nice procedures and we are looking to trade strategies with other folks, be sure to shoot me an e-mail if interested.

  10. اسامی پذیرفته‌ شدگان بدون آزمون دانشگاه آزاد، پس از اتمام فرآیند ثبت‌ نام و انتخاب رشته برای پذیرش بدون کنکور دانشگاه آزاد، اسامی پذیرفته‌ شدگان بدون آزمون دانشگاه آزاد از طریق وبگاه رسمی پذیرش این دانشگاه به نشانی azmoon.org منتشر خواهد شد.

  11. ثبت نام دانشگاه آزاد بر اساس سوابق تحصیلی، داوطلبان گرامی که مایل به ادامه تحصیل در واحدهای دانشگاه آزاد هستند می‌توانند از طریق فرآیند ثبت نام دانشگاه آزاد بر اساس سوابق تحصیلی اقدام نمایند و در رشته و دانشگاه مورد نظر خود به ثبت‌نام بپردازند.

  12. ثبت نام دانشگاه آزاد ورودی های جدید، با ثبت نام دانشگاه آزاد ورودی های جدید و گسترش واحدهای آموزشی خود در اقصی نقاط ایران و ارائه طیف وسیعی از رشته‌های تحصیلی در مقاطع گوناگون از کاردانی تا دکتری، فرصت ادامه تحصیل را برای تعداد زیادی از جوانان این فراهم آورده است.

  13. ثبت‌ نام در آزمون ورودی دبیرستان ماندگار البرز، دانش‌آموزان علاقه‌مند به ثبت‌ نام در آزمون ورودی دبیرستان ماندگار البرز می‌بایست در بازه زمان ثبت نام آزمون دبیرستان ماندگار البرز، به وبگاه مربوطه مراجعه نموده و نسبت به تکمیل فرم نام‌نویسی اقدام نمایند.

  14. Please let me know if you’re looking for a article writer for your blog. You have some really good posts and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some content for your blog in exchange for a link back to mine. Please blast me an email if interested. Kudos!

  15. I take pleasure in, cause I discovered exactly what I used to be having a look for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

  16. I?¦ve been exploring for a little bit for any high-quality articles or weblog posts in this kind of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this website. Studying this info So i?¦m satisfied to convey that I have an incredibly just right uncanny feeling I found out exactly what I needed. I so much indubitably will make certain to do not overlook this web site and give it a look regularly.

Tinggalkan Balasan ke معافیت پزشکی آمفیزم ریه Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *